Senin, 01 November 2010

pengantar bisnis bab7-Pemasaran

PEMASARAN PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN Pemasaran memiliki peran yang sangat penting di dunia usaha. PEMASARAN adalah system dari keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikanbarang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Penciptaan Faedah Bagi Konsumen Faedah (utility)adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan. 1. Faedah Waktu Diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya. 2. Faedah Tempat Diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya. 3. Faedah Milik Diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli. 4. Faedah Informasi Diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran suatu produk kepada konsumen. Konsep Pemasaran Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidu perusahaan. Pendekatan Studi Pemasaran Pemasaran data dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu - Pendekatan serba fungsi - Pendekatan serba lembaga - Pendekatan serba barang - Pendekatan serba manajemen - Pendekatan serba system Pendekatan Serba Fungsi 1. Penjualan 2. Pembelian 3. Pengangkutan 4. Penyimpanan 5. Pembelanjaan 6. Penanggungan resiko 7. Standardisasi dan grading 8. Pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yyang terlibat dalam kegiatan pemasaran. Pendekatan Serba Barang Pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir. Pendekatan Serba Manajemen Mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan kepada pendapatan manajer serta keputusan yang mereka ambil. Pendekatan Serba Sistem Mencakup elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran, termasuk keempat pandekatan dimuka. STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN Untuk mengatur kegiatan-kegiatan dengan baik, manajer harus menentukan komposisi struktur organisasinya. Struktur organisasi pemasaran bagi sebuah perusahaan tidak selalu sama dengan perusahaan lainnya. PASAR Pengertian Pasar Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk memberlanjakannya. Macam-macam Pasar 1. Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi. 2. Pasar Industri adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi 3. Pasar Penjual adalah Pasar yang terdiri atas individu dan organisasi yang membeli barang dgn mksud untuk dijual lagi untuk mencari laba. 4. Pasar Pemerintah adalah Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah. Segmentasi Pasar Kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogeny. MARKETING MIX DAN PRODUK Pengertian marketing Pengertian Barang Barang/Produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan. Penggolongan barang menurut Tingkat Pemakaian dan kekongkritan 1. Barang Tahan lama 2. Barang tidak tahan lama 3. Jasa Penggolongan Barang menurut tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai 1. Barang konsumsi - Barang konvenin - Barang Shopping - Barang Spesial 2. Barang industry - Bahan Baku - Komponen dan barang setengah jadi - Perlengkapan operasi - Instalasi - Peralatan Ekstra Siklus Kehidupan Barang (Product life cycle ) 1. Tahap perkenalan 2. Tahap Pertumbuhan 3. Tahap kedewasaan dan Kejenuhan 4. Tahap kemunduran Merk Brand adalahSuatu nama, atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal Atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang Barang yang dihasilkan. SALURAN PEMASARAN Pengertian saluran distribusi Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari proodusen sampai ke konsumen atau pemakai industry. Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri Suatu barang dapat berpindah melalui beberapa tangan sejak dari produsen sampai ke konsumen. Dalam pemilihan alternatif saluran distribusi, produsen harus dapat mengkompromikan beberapa tujuan yang berbeda. Saluran Distribusi Ganda 1. Jenis barang yang dipasarkan 2. Produsen yang menghasilkan produknya 3. Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian 4. Pasar yang dituju Perantara Saluran Dalam operasinya, perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran. Pedagang Besar Salah satu lembaga saluran yang penting, terutama untuk menyalurkan barang konsumsi. Pengecer Mempunyai peranan yang penting karena berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir. Agen Disebut dengan pedagang karena mempunyai hak milik atas barang-barang yang dipasarkan. Jumlah Perantara dengan Saluran Setelah produsen menentukan saluran distribusi yang akan dipakai, masalah yang dihadapi berikutnya adalah masalah penentuan jumlah perantara pada tingkat perdagangan besar dan pedagang eceran. Distribusi Fisik Menggambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ketempat tertentu pada saat tertentu. PENENTUAN HARGA Arti dan Pentingnya harga Harga adalah Sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang besrta pelayanannya. Faktor yang mempengaruhi tingkat harga 1. Keadaan Perekonomian 2. Penawaran dan Permintaan 3. Elastisitas permintaan 4. Persaingan 5. Biaya 6. Tujuan perusahaan 7. Pengawasan pemerintah Metode-metode Penetapan harga 1. Penetapan Harga biaya Plus Biaya Total+Marjin= Harga jual 2. Penetapan harga Mark-up Harga Beli+Mark up= Harga Jual 3. Penetapan Harga Break-even Biaya Total= Biaya tetap+Biaya Variabel 4. Penetapan Harga dalam Hubungannya dengan Pasar Politik penetapan harga 1. Penetapan harga 2. Price Lining 3. Potongan Harga 4. Penetapan Harga Geografis PROMOSI DAN PRIKLANAN Promosi Salah satu variable Marketing mix yang digunakan oleh Perusahaan untuk mengadakan komunikasi. Periklanan Komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh Perusahaan. 1. Tujuan Periklanan 2. Jenis Periklanan 3. Media Periklanan 4. Biro Periklanan PERSONAL SELLING, PROMOSI PENJUALAN, DAN PUBLISITAS Personal Selling Kegiatan promosi yang berbeda dengan periklanan karena menggunakan orang/individu didalam Pelaksanaanya. 1. Proses Personal selling a. Persiapan sebelum penjualan b. Penentuan lokasi pembeli potensial c. Pendekatan Pendahuluan d. Melakukan penjualan e. Pelayanan sesudah Penjualan 2. Jenis Tugas Penjualan dan Salesman a. Trade selling dan merchandising salesman b. Missionary selling dan detailman c. Technical selling dan sales engineer d. New business selling dan pioneer product salesman Promosi Penjualan Promosi Penjualan hanya merupakan satu kegiatan dalam promosi,dalam promosi penjualan ini perusahaan menggunakan alat-alat seperti: Peragaan, Pameran, demonstrasi, hadiah, contoh barang, dan sebagainnya. Publisitas Salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media. Namun informasi yang tercantum tidak berupa iklan tetapi berupa berita. Individu atau lembaga yang dipublisitaskan tidak mengeluarkan sejumlah biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar