Senin, 01 November 2010
pengantar bisnis bab7-Pemasaran
PEMASARAN
PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
Pemasaran memiliki peran yang sangat penting di dunia usaha. PEMASARAN adalah system dari keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikanbarang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Faedah (utility)adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
1. Faedah Waktu
Diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya.
2. Faedah Tempat
Diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.
3. Faedah Milik
Diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.
4. Faedah Informasi
Diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran suatu produk kepada konsumen.
Konsep Pemasaran
Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidu perusahaan.
Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran data dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu
- Pendekatan serba fungsi
- Pendekatan serba lembaga
- Pendekatan serba barang
- Pendekatan serba manajemen
- Pendekatan serba system
Pendekatan Serba Fungsi
1. Penjualan
2. Pembelian
3. Pengangkutan
4. Penyimpanan
5. Pembelanjaan
6. Penanggungan resiko
7. Standardisasi dan grading
8. Pengumpulan informasi pasar
Pendekatan Serba Lembaga
Mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yyang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
Pendekatan Serba Barang
Pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir.
Pendekatan Serba Manajemen
Mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan kepada pendapatan manajer serta keputusan yang mereka ambil.
Pendekatan Serba Sistem
Mencakup elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran, termasuk keempat pandekatan dimuka.
STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Untuk mengatur kegiatan-kegiatan dengan baik, manajer harus menentukan komposisi struktur organisasinya. Struktur organisasi pemasaran bagi sebuah perusahaan tidak selalu sama dengan perusahaan lainnya.
PASAR
Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk memberlanjakannya.
Macam-macam Pasar
1. Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi.
2. Pasar Industri adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi
3. Pasar Penjual adalah Pasar yang terdiri atas individu dan organisasi yang membeli barang dgn mksud untuk dijual lagi untuk mencari laba.
4. Pasar Pemerintah adalah Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah.
Segmentasi Pasar
Kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogeny.
MARKETING MIX DAN PRODUK
Pengertian marketing
Pengertian Barang
Barang/Produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
Penggolongan barang menurut Tingkat Pemakaian dan kekongkritan
1. Barang Tahan lama
2. Barang tidak tahan lama
3. Jasa
Penggolongan Barang menurut tujuan Pemakaiannya oleh si Pemakai
1. Barang konsumsi
- Barang konvenin
- Barang Shopping
- Barang Spesial
2. Barang industry
- Bahan Baku
- Komponen dan barang setengah jadi
- Perlengkapan operasi
- Instalasi
- Peralatan Ekstra
Siklus Kehidupan Barang (Product life cycle )
1. Tahap perkenalan
2. Tahap Pertumbuhan
3. Tahap kedewasaan dan Kejenuhan
4. Tahap kemunduran
Merk
Brand adalahSuatu nama, atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal
Atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang
Barang yang dihasilkan.
SALURAN PEMASARAN
Pengertian saluran distribusi
Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari proodusen sampai ke konsumen atau pemakai industry.
Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
Suatu barang dapat berpindah melalui beberapa tangan sejak dari produsen sampai ke konsumen. Dalam pemilihan alternatif saluran distribusi, produsen harus dapat mengkompromikan beberapa tujuan yang berbeda.
Saluran Distribusi Ganda
1. Jenis barang yang dipasarkan
2. Produsen yang menghasilkan produknya
3. Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. Pasar yang dituju
Perantara Saluran
Dalam operasinya, perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran.
Pedagang Besar
Salah satu lembaga saluran yang penting, terutama untuk menyalurkan barang konsumsi.
Pengecer
Mempunyai peranan yang penting karena berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir.
Agen
Disebut dengan pedagang karena mempunyai hak milik atas barang-barang yang dipasarkan.
Jumlah Perantara dengan Saluran
Setelah produsen menentukan saluran distribusi yang akan dipakai, masalah yang dihadapi berikutnya adalah masalah penentuan jumlah perantara pada tingkat perdagangan besar dan pedagang eceran.
Distribusi Fisik
Menggambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ketempat tertentu pada saat tertentu.
PENENTUAN HARGA
Arti dan Pentingnya harga
Harga adalah Sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang besrta pelayanannya.
Faktor yang mempengaruhi tingkat harga
1. Keadaan Perekonomian
2. Penawaran dan Permintaan
3. Elastisitas permintaan
4. Persaingan
5. Biaya
6. Tujuan perusahaan
7. Pengawasan pemerintah
Metode-metode Penetapan harga
1. Penetapan Harga biaya Plus
Biaya Total+Marjin= Harga jual
2. Penetapan harga Mark-up
Harga Beli+Mark up= Harga Jual
3. Penetapan Harga Break-even
Biaya Total= Biaya tetap+Biaya Variabel
4. Penetapan Harga dalam Hubungannya dengan Pasar
Politik penetapan harga
1. Penetapan harga
2. Price Lining
3. Potongan Harga
4. Penetapan Harga Geografis
PROMOSI DAN PRIKLANAN
Promosi
Salah satu variable Marketing mix yang digunakan oleh Perusahaan untuk mengadakan komunikasi.
Periklanan
Komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh Perusahaan.
1. Tujuan Periklanan
2. Jenis Periklanan
3. Media Periklanan
4. Biro Periklanan
PERSONAL SELLING, PROMOSI PENJUALAN, DAN PUBLISITAS
Personal Selling
Kegiatan promosi yang berbeda dengan periklanan karena menggunakan orang/individu didalam Pelaksanaanya.
1. Proses Personal selling
a. Persiapan sebelum penjualan
b. Penentuan lokasi pembeli potensial
c. Pendekatan Pendahuluan
d. Melakukan penjualan
e. Pelayanan sesudah Penjualan
2. Jenis Tugas Penjualan dan Salesman
a. Trade selling dan merchandising salesman
b. Missionary selling dan detailman
c. Technical selling dan sales engineer
d. New business selling dan pioneer product salesman
Promosi Penjualan
Promosi Penjualan hanya merupakan satu kegiatan dalam promosi,dalam promosi penjualan ini perusahaan menggunakan alat-alat seperti: Peragaan, Pameran, demonstrasi, hadiah, contoh barang, dan sebagainnya.
Publisitas
Salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media. Namun informasi yang tercantum tidak berupa iklan tetapi berupa berita. Individu atau lembaga yang dipublisitaskan tidak mengeluarkan sejumlah biaya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar