Jumat, 04 Oktober 2013

Tugas B.Indonesia 2 softskill ( karangan kondisi perekonomian Indonesia saat ini berpola deduktif dan induktif)


DEDUKTIF
Ekonomi indonesia saat ini optimis pertumbuhan ekonomi yang meningkat.dengan pertumbuhan dan pendapatan nasional yang semakin meningkat kita dapat melihat perkembangan dan kemajuan kita pada negara lain. dengan pendapatan nasional per tahun indonesia mampu memberikan kemajuan.ekonomi makro yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi saat ini.salah satu pertumbuhan ekonomi itu dapat dilihat dengan permintaan domestik masih akan menjadi penopang utama kinerja perekonomian. Selain itu, ekspor dan impor, serta investasi.
Di lihat dari sedikit perekonomian makro dibidang perbankan ini dapat kita rasakan pertumbuhan ekonomi itu meningkat.Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi sepanjang triwulan I-2011 masih akan tumbuh tinggi, yakni di kisaran 6,4 persen. Sehingga, sepanjang tahun ini, perekonomian Indonesia diproyeksikan tumbuh di kisaran 6-6,5 persen.
Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengungkapkan hal itu dalam rapat kerja dengan Komisi XI (membidangi keuangan dan perbankan) DPR, Senin (14/2). “Prospek perekonomian ke depan akan terus membaik dan diperkirakan akan lebih tinggi,” kata Darmin.
Dia mengatakan, permintaan domestik masih akan menjadi penopang utama kinerja perekonomian. Selain itu, ekspor dan impor, serta investasi, juga akan tumbuh pesat. Ia menambahkan, Indonesia sudah melalui tantangan yang di 2010. Dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik di tahun lalu, yakni 6,1 persen, akan mempermudah mencapai target pertumbuhan di 2011. Meski demikian, inflasi tinggi masih akan menjadi tantangan serius di tahun ini.
PENJELASAN:
PARAGRAF DEDUKTIF YAITU PARAGRAF YANG DIMULAI DARI YANG BERSIFAT UMUM KE HAL YANG LEBIH KHUSUS.GAGASAN UTAMA TERDAPAT PADA KALIMAT PERTAMA. MAKA YANG MENJADI KALIMAT DEDUKTIF DIATAS YAITU KALIMAT DIAWAL YANG DIBERI WARNA TULISAN MERAH.
INDUKTIF
Kombinasi persoalan fundamental ekonomi nasional dan gejolak ekonomi global menyebabkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2013 hanya 5,9 persen, turun dari target 6,3 persen. Inflasi diperkirakan melambung 9,2 persen, jauh di atas target pemerintah dan Bank Indonesia.

Koreksi pertumbuhan ekonomi dari 6,3 persen menjadi 5,9 persen untuk tahun 2013 tersebut disampaikan Menteri Keuangan M Chatib Basri saat rapat kerja dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) di Jakarta, Rabu (28/8/2013). Rapat membahas pokok-pokok kebijakan fiskal dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2014.
Hadir dalam rapat kerja tersebut, antara lain Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Salsiah Alisjahbana. Ketua Banggar DPR Ahmadi Noor Supit memimpin rapat selama dua jam tersebut.
Agus DW Martowardojo dalam sejumlah kesempatan menyampaikan bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun 2013 berkisar 5,8 persen hingga 6,2 persen. Namun, trennya mengarah pada batas bawah.
PENJELASAN: PARAGRAF INDUKTIF YAITU PARAGRAF YANG DIMULAI DENGAN SEBUAH PENDAPAT, SEMENTARA SERTA KESIMPULAN YANG BERADA DI AKHIR PARAGRAF. MAKA DARI ITU KALIMAT INDUKTIF DIATAS YAITU KALIMAT YANG DITANDAI DENGAN WARNA MERAH DAN BERGARIS BAWAH
SUMBER: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/08/29/0733215/Tahun.Ini.Ekonomi.Indonesia.Hanya.Tumbuh.5.9.Persen





Tidak ada komentar:

Posting Komentar